PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MAPEL PSPTKR

Muhammad Eko Fani, Tawardjono Us

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TKR I pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Mungkid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah snowball throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR I SMK Muhammadiyah Mungkid tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa. Sedangkan variabel yang diamati adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan rincian : (1) Model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan siswa dari 0,27 (kategori rendah) menjadi 0,47 (kategori sedang) (2) Model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari 0,27 (kategori rendah) menjadi 0,54 (kategori sedang). Kata kunci : snowball throwing, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.