PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KOPLING BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Very Hamada Syakura, Tawardjono Us

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran sistem kopling, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut. Model pengembangan mengacu pada penelitian dan pengembangan Borg & Gall tahun 2003 terdiri dari tahap: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Validator materi dilakukan oleh dua ahli, validator media dilakukan oleh satu ahli. Penelitian ini dilakukan melalui uji coba terbatas dengan populasi sebanyak 10 siswa dan uji coba lebih luas sebanyak 23 siswa. Hasil kelayakan adalah: (a) penilaian ahli materi rerata skor 4,08 (layak), (b) penilaian ahli media rerata skor 4,10 (layak), (c) uji coba produk terbatas rerata skor 3,97 (layak), (d) uji coba lebih luas rerata skor 4,03 (layak). Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran interaktif sistem kopling dikatakan Layak digunakan. Kata kunci : Pengembangan, media pembelajaran, kelayakan media pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.