PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH SISTEM KOPLING DAN KOMPONENYA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PEMINDAH TENAGA

Irvani Cahyo Utomo, Herminanto Sofyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kebutuhan Media Pembelajaran, dan Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Sistem Pemindah Tenaga Di SMK N 1 Cangkringan. Pengembangan multimedia dilakukan berdasarkan enam tahap pengembangan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran Sistem Kopling sbagai berikut: penilaian dari ahli media diperoleh skor 82,5% atau apabila dikonversi Sangat layak, penilaian dari ahli materi mendapatkan skor 80,8% atau Sangat layak, penilaian uji tanggapan skala kecil mendapatkan skor 81,6% atau sangat layak, dan penilaian uji tanggapan skala besar mendapatkan skor 82,93% atau Sangat layak. Selain di uji kelayakanya media juga di uji efetivitasnya melalui evaluasi belajar. Hasil nilai rerata evaluasi belajar sebelum memakai media 61,2 dengan persentase kelulusan 22,58% dan sesudah menggunakan media terjadi peningkatan yaitu nilai rerata test 78,75 dengan presentase ketuntasan 85,7%. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran sistem Kopling dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan media, sistem kopling.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.