KEEFEKTIVAN METODE EAR TRAINING TERHADAP PEMAHAMAN MUSIKAL SISWA SMPN 3 KALASAN

Melson Melson

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pemahaman musikalitas siswa yang diajar dengan metode ear training dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional; (2) mengukur kefektivan metode ear training dalam meningkatkan kemampuan pemahaman musikal siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, eksperimen, dengan desain Pretest–Posttest Control. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII dan berjumlah 95 orang, yang diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket berupa aplitude test . Data dianalisis menggunakan uji beda (uji – t ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman musikal antara siswa yang diberi perlakuan ear training dengan yang tidak diberi perlakuan ear training Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 4,21 meningkat menjadi 8,30 (2) metode ear training efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman musikal siswa, hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan pada pemahaman musikal siswa. dan nilai rata-rata pretest kelompok kontrol 4,55, dan kelompok eksperimen 4, 21. Nilai rata-rata kelompok kontrol pada saat posttest adalah 5,30 sedangkan kelompok eksperimen memperoleh nilai rata – rata 8,35.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.