PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PERMAINAN KENDANG DALAM KARAWITAN JAWA UNTUK SISWA SMP

Bobsy Dwi Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teknik permainan pada instrumen kendang  yang dilakukan dalam musik karawitan Jawa untuk siswa SMP yang tervalidasi ditinjau dari aspek materi, aspek media, dan aspek pemrograman atau navigasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development.  Tahap penelitian ini terdiri atas: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan desain, (3) pengembangan desain, (4) ujicoba terbatas, (5) revisi produk, (6) ujicoba produk, dan (7) produk akhir.   Subjek ujicoba adalah siswa SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas angket dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa produk media pembelajaran yang dikemas dalam CD.  Produk tersebut telah memenuhi kelayakan yaitu lebih besar atau sama dengan 75. Hasil data uji coba lapangan menunjukan bahwa media pembelajaran teknik permainan kendang ini layak digunakan oleh siswa SMP dengan nilai aspek materi 80,5 dan aspek media 78,6 di atas nilai kelayakan produk yaitu 75.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.