PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK MA'ARIF 2 GOMBONG KEBUMEN

Muhammad Ricky Alvian, Paryanto .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe inkuiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI TP SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, teknik tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase peningkatan aktifitas belajar sebesar 29%, sedangkan peningkatan hasil belajar ditunjukkan pada persentase ketuntasan post-test sebesar 29%.

This research aims to determine the increase in learning activities and learning outcomes after applying the cooperative learning using method of    inquiry. This research is a classroom action research on the students of class XI TP SMK Maarif 2 Gombong Kebumen which amounted to 32 students. Data were collected using observation, test technique and documentation. The results showed that there is an increase in learning activities and learning outcomes in cycle I and cycle II. The percentage increase in learning activities was 29%, while the improvement of learning outcomes was shown on the percentage post-test was 29 %.


Keywords


Pembelajaran kooperatif, metode inkuiri,aktifitas dan hasil belajar siswa; Method of inquiry, learning activities and learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i6.9439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin