EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMK N 2 KLATEN

Wisnu Pamungkas, Wagiran .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik. Subyek penelitian adalah kelas X TPL SMK N 2 Klaten sebanyak 35 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa. Rata-rata keaktifan meningkat dari pertemuan pertama sebesar 56,74% menjadi 80,83% pada pertemuan keempat. 2) penerapan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata nilai pre-test 36,77 meningkat dengan rata-rata nilai post-test 68,79;. Peningkatan rata-rata antara nilai pre-test dan post-test sebesar 32,02. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keaktifan dan prestasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan metode STAD.

This research aims to determine the effectiveness Student Teams Achievement Divisions method in improving student’s activity and achievement in the learning of mechanic technology. The research subject is class X TPL SMK N 2 Klaten with 35 students. Data collection techniques used observation techniques and tests. The results of this research are 1) the application of STAD learning method can improved student activity. The average of students activity increased from the first meeting 56,74% to 80,83% at fourth meeting. 2) the application of STAD learning method can improve student achievement. Pre-test score average 36,77 increase with post- test score average 68,79. The gain from pre-test and post-test average 32,02. The result of t-test shows that there is a significant difference of students' activity and learning achievement before and after applied STAD method.


Keywords


STAD, keaktifan siswa, prestasi belajar siswa; STAD, student’s activity, student’s achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i5.8218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin