PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT

Muhammad Naim, Nuchron -

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran aplikasi android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut di SMK N 3 Yokyakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan bentuk desain nonequivalent control group. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yaitu kelas XI TP 2 sebagai kelompok eksperimen dan XI TP 3 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran aplikasi android memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SM N 3 Yogyakarta.

The purpose of this research is to investigate the effects of android application learning media on the students’ learning outcomes in lathe machining techniques subject at SMK N 3 Yogyakarta. This research used quasi experiment design in the form of non-equivalent control design. Sampel being used in this research are all of the population of XI TP 2 as experiment group and XI TP 3 as control group. The result show that android application learning media have a positive effects’ on students’ learning outcomes of the XI grade students at SMK N 3 Yogyakarta.


Keywords


Media pembelajaran, hasil belajar, teknik pemesinan bubut; Learning media , android application, learning outcomes, lathe machining technique

Full Text:

PDF

References


Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Marsudi. (2016). Penerapan Model Konstruktivistik Dengan Media File Gambar 3d Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23 (1), 16-27.

Purwaning Raharjo. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Pembelajaran Pengukuran Dasar Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. 4 (6), 415-422.

Tiwan. (2006). Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19 (2), 255-280.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i3.7109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin