PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KETERAMPILAN PRAKTIK TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TEKNIK PEMESINAN

Triyono ., Tiwan .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan keterampilan praktik terhadap minat berwirausaha di SMK N 2 Yogyakarta. Sampel penelitian expost facto ini adalah 90 siswa dari populasi 116 siswa kelas XI Teknik Pemesinan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi, kemudian di analisis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 21,3%, nilai thitung=4,833 > ttabel=1,980 dan nilai signifikansi 0,000. Keterampilan praktik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan koefisien determinasi (r2) 5,9%, nilai thitung=2,355 > ttabel=1,980 dan nilai signifikansi 0,021. Motivasi berprestasi dan keterampilan praktik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan koefisien determinasi (r2) 24,3%, nilai Fhitung=13,944 > Ftabel=3,11 dan nilai signifikansi 0,000.

The purpose of this research was to find out whether there were any influence in achievement motivation and practical skill to the students’ interest in entrepreneurship at SMK N 2 Yogyakarta. The sample of expost facto research were 90 students from population of 116 students of XI grade of mechanical engineering. The research data were collected by questionnaire, documentation and observation, then analyzed using simple and multiple regression analysis. The result shows that there was a positive and significant effect in achievement motivation to the students’ interest in entrepreneurship with the coefficient determination (r2) was 21,3%, score of tcount=4,833>ttable=1,980 and significant score was 0,000. There was a positive and significant  effect in practical skill to the students’ interest in entrepreneurship with the coefficient determination (r2) was 5,9%, score of tcount=2,355>ttable=1.980 and significant score was 0,006. There was a positive and significant effect in achievement motivation and practical skill to the students’ interest in entrepreneurship with the coefficient determination (r2) was 24,3%, score of Fcount=13,944>Ftable=3,11 and significant score was 0,000.


Keywords


Motivasi berprestasi, keterampilan praktik, minat berwirausaha; Achievement motivation, practical skill, interest in entrepreneurship

Full Text:

PDF PDF

References


Basrowi. (2014). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fanny Paramitasari. (2016). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirau-sahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Bantul. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamzah B. Uno, Masri Kudrat Umar dan Keysar Panjjaitan. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: Ina Publikatama.

Hapsari dian kusuma & Tomy Tresnady. (2016). BPS: Pengangguran paling banyak lulusan SMK. Diakses 18 November 2016 dari http://www.suara.com/bisnis/2016/05/ 04/153139/bps-pegangguran-paling-banyak -lulusan-smk.

Paryanto. (2008). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pemesinan Mahasiswa D3 Teknik Mesin UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 17 (1), 99-118.

Setyawan Rizal. (2014). Pengaruh Kecakapan Vokasional, Kepribadian Dan Kesadaran Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Pemrograman dan Mekatronika di SMK N 1 Tembarak. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta

Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22 (1), 83-88.

Suryana. (2014). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Sutopo. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Algoritma-Heuristik Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Praktik Pemesinan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 17 (2), 279-297.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i2.7099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin