PENGARUH METODE PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MENGGUNAKAN ALAT UKUR PRESISI

Teguh Mubarok, Edy Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata diklat menggunakan alat ukur presisi melalui pembelajaran dengan metode pengajuan masalah (problem posing) di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitan ini adalah penelitian quasi eksperimental design non randomized control group pretest-postest. Sampel penelitian yaitu 34 siswa kelompok eksperimen dan 34 siswa  kelompok kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah diberi perlakuan metode problem posing. Peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 7,71% sedang kelompok kontrol sebesar 0,26%.

This study aimed at incresing learning outcomes in using the precision measurement tools by problem posing method at SMK Muhammadiyah 1 Bantul. This is a quasi-experimental design nonrandomized study control group pretest-posttest research. The research sample were 34 students of experimental group and 34 students of control group. The data sere analyzed by homogeneity, normality and t-test. The result shows that there are differences in learning outcomes between the experimental group and control group after being given treatment by probem posing method. The learning outcome of experimental gropu increased by 7.71% while the control group was 0.26%.


Keywords


Problem posing, hasil belajar, menggunakan alat ukur presisi; Problem posing, learning outcomes, using the precision measurement tools

Full Text:

PDF

References


Andra Setiawan (2013). Penerapan Metode Problem Posing Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Skripsi, tidak dipulikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Doni Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grashindo.

Endang Mulyatinigsih. (2012). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Lilik Puspitasari (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Tidak dipulikasikan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Ihwal Bastra. (2013). Pengantar Pendidikan. Diakses tanggal 20 Feruari 2017 dari http://ihwalbastra.blogspot.com/2013/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-n0ne_18.html

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitaf, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i2.7096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin