PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PBL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Ahmad Kamaludin Ramdani, Jarwo Puspito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik kelas X melalui penerapan metode problem based learning. Subjek penelitian adalah kelas X TP 1 sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan menggunakan observasi, dokumentasi, tes/evaluasi, dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Rata-rata skor motivasi pada siklus I, II dan III berturut-turut adalah 72,32%, 79,51% dan 81,86%. Rata-rata nilai prestasi hasil belajar pada siklus I adalah 74,33 dengan persentase ketuntasan belajar 53.33%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi menjadi 81.67 dengan ketuntasan belajar 80%. Pada siklus III nilai rata-rata prestasi belajar optimal yaitu 84.71 dengan ketuntasan belajar mencapai 89.29%.

This research is intended to know the improvement of motivation and learning outcomes achivement in mechanics subject lesson by the X grade student’s trough the implementation of PBL method. The research subject were all of 30 students of X TP1 class. The data were collected by observation, documentation, tests/evaluation, and field notes. This classroom action research conducted in three cycles. The average score of motivation in the 1st, 2nd and 3rd cycle, is 72.32%, 79.51% and 81.86% respectively. The average score of learning outcomes in the 1st cycle is 74.33 with the percentage of minimum learning completeness is 53.33%. In 2nd cycle, the average scores increase to 81.67 and the percentage of minimum learning completeness is 80%. In 3rd cycle, the average score of the learning achievement is optimal that is 84.71 and the percentage of minimum learning completeness is 89.29%.


Keywords


Mekanika teknik, problem based learning, motivasi belajar, prestasi hasil belajar; Engineering mechanics, problem based learning, learning motivation, learning achievement

Full Text:

PDF

References


Arif Marwanto. (2008). Kesesuaian Pola Mengajar Guru SMK di DIY dengan Tuntutan Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17 (1), 24-38.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

FX. Wastono. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMK pada Mata Diklat Teknologi Mekanika dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (4), 396-400.

Jamil Suprihatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmat Hidayat. (2015). Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Mesin di SMK N 2 Pengasih pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta

Rifka Anisaunnafi’ah. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta

Sardiman (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto., Suhardjono. & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (1), 83-88.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i2.7095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin