TUNGKU PELEBUR ALUMINIUM UNTUK PRAKTIK PENGECORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Panji Lukito, Nurdjito -

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan tungku pelebur aluminium untuk praktik pengecoran di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Ini merupakan penelitian eksperimen kuasi yang berbentuk nonequivalent control group desing dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil belajar diperoleh dengan menggunakan soal pre-test dan post-test. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas internal yaitu validitas isi (expert jugment). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan penggunaan tungku pelebur sebagai media pembelajaran praktik pengecoran di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Hal ini di tunjukan dengan perbedaan nilai rerata post-test kelompok eksperimen sebesar 46,93 sedangkan nilai rerata post-test kelompok kontrol sebesar 24,09.

The aluminium crucible furnace has been implemented as a foundry practice medium at 1st Muhammadiyah vocational high school, Salam. This is a quasi experimental with nonequivalent control group using a quantitative approach. A pre-test and post-test technique were used to measure learning outcomes. The test instruments was validated using internal validity which is content validity (expert jugment). Data were analyzed using descriptive analysis. The study results shows significant effect of the furnace on foundry practice. This was indicated by the differences of post-test average score of experimental group is 46.93 while the the control group is 24.09.


Keywords


Tungku pelebur, aluminium, praktik pengecoran; Crucible furnace, aluminium, casting practice

Full Text:

PDF

References


Arianto Leman S., dkk. (2014). Pengembangan tungku pelebur alumunium untuk mengembangkan kompetensi pengecoran DI SMK Program Studi Keahlian Teknik Mesin. Jurnal Inotek, 18 (1), 80-94.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah. (2016). SK nomor 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan, diakses 21 Desember 2016 dari http://www.panduandapodik.id/2016/11/spektrum-keahlian-smk-terbaru-september-2016.html

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta.

Tulus Winarsunu. (2006). Statistik dalam penelitian Psikologi. Malang: UMM Press

M. Nur Ilyas (2016). Pengembangan tungku pelebur alumunium sebagai media praktik di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Taufiq Damarjati (2016). Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses tanggal 28 desember 2007 dari http://psmk.kemendikbud.go.id




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i1.6783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin