KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Muhammad Irwan Hidayat, Tiwan -

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi gaya belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik dasar. Populasi penelitian ini siswa kelas X teknik pemesinan yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 130 siswa. Penelitian yang dilakukan dengan metode penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dari penelitian didapatkan gaya belajar siswa yang muncul pada mata pelajaran gambar teknik dasar adalah gaya belajar Auditorial, Visual, Kinestetik. Gaya belajar siswa  yang dominan pada mata pelajaran gambar teknik dasar, gaya belajar kinestetik sebesar 47,7%. Korelasi gaya belajar dengan hasil belajar r=0,6 masuk dalam kategori “Kuat”. Dapat disimpulkan terdapat korelasi yang kuat antara gaya belajar dengan hasil belajar.

The purpose of this study is to determine correlation between learning style and learning outcomes in the basic engineering drawing subject at SMK Muhammadiyah 1 Bantul. The population were 4 classes that consist of 130 students of tenth grade machining technique. This was a correlational research which the data's were collected using questionnaires and documentation. The result obtained shows that students' learning styles in the basic engineering drawing subject is auditory, visual, kinesthetic. The dominant learning styles is kinesthetic learning style (47.7%). Correlation of learning styles and learning outcomes with r = 0.6 which mean in the 'strong' category. It can be concluded that there is strong correlation between learning styles to learning outcomes.


Keywords


Gaya belajar, hasil belajar, gambar teknik dasar; Learning styles, Llearning outcomes, Basic enginering drawing

Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. (2002). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa

Adi Gunawan.(2004) Genius Learning Strategy Petunjuk Proses Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nasution.(2009). Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nana Sudjana.(2003). Penilaian Hasil Belajar Mengajar,Jakarta: Remaja Rosdakarya. cet. V

Nana Syaodih S.(2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i8.5608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin