RELEVANSI MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR DI SMK NEGERI 2 PENGASIH TERHADAP KEBUTUHAN KOMPETENSI DI INDUSTRI

Rachmat Jati Puruasdi, Mujiyono -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi kompetensi mata pelajaran Teknik Gambar Menufaktur di SMK N 2 Pengasih dengan kebutuhan kompetensi di industri. Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Teknik Gambar Manufaktur di SMK Negeri 2 Pengasih dan drafter pada tiga industri manufaktur.  Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisa data yang digunakan adalah statistik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi kompetensi mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di SMK N 2 Pengasih terhadap kompetensi kebutuhan industri adalah sebesar 87,05% dan termasuk dalam kategori sangat relevan.

The research aim to find out the relevance between Manufacturing Drawings subject at SMK Negeri 2 Pengasih and industrial competencies needs. The analysis technique used was descriptive analysis. The subject of this study were teacher at SMK Negeri 2 Pengasih and drafter from three manufacturing industries. Data were collected by means of questionnaires. The analysis technique being used was descriptive statistics with percentage. The result show that there is 87,05% relevance between SMKN 2 Pengasih and manufacturing industries, which is considered as a very relevant.


Keywords


Relevansi, kompetensi industri, kompetensi teknik gambar manufaktur; Relevance, industrial competence, manufacture drawing competence

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2016) Februari 2016: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 5,50 Persen. Diakses tanggal 12 Februari 2016 dari http://www.bps.go.id/ Brs/view/id/1231

Badan Pusat Statistik. (2016) Keadaan Ketenagakerjaan di D.I. Yogyakarta pada Februari 2016 Tingkat Pengangguran Terbuka Sebesar 2,81 Persen. Diakses tanggal 12 Februari 2016 dari http: //yogyakarta.bps.go.id/Brs/view/id/427.

Burke, J. (2005). Competency Based Education and Training. London: Taylor and Francis e-Library.

Masnur Muslich. (2011). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sakernas. (2014). Indonesia Survei Angkatan Kerja Nasional. Diakses tanggal 12 Februari 2016 dari http://microdata.bps.go.id/ mikrodata/index.php/catalog/694.

Sperber, D., & Wilson, D. (2009). Meaning and Relevance. Cambridge: Cambridge University Press.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i8.5602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin