PENGARUH FASILITAS BENGKEL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMESINAN FRAIS DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Aji Bambang Setyawan, Nuchron -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas bengkel dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pemesinan frais. Jenis penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keahlian teknik mesin di SMK N 2 Yogyakarta sebanyak 117 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari fasilitas bengkel terhadap hasil belajar dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,008 dan hasil t sebesar 2,243 pada taraf signifikansi 5%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,107 dan hasil t sebesar 3,710 pada taraf signifikansi 5%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari fasilitas bengkel dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,107 dan hasil F sebesar 6,870 pada taraf signifikansi 5%.

This research aims to determine the effect of workshop facilities and learning motivation on learning outcomes of milling practices subject. The research type is an expost-facto using a quantitative approach. The research population is the 117 students of class XI mechanical engineering program in SMK N 2 Yogyakarta. Data collection techniques were by using documentation and questionnaire. For data analysis techniques, simple regression analysis and multiple regression analysis were used. The results show that there is a positive and significant effect of workshops facilities on the learning outcomes, with a determination coefficient of 0,008 and t test result of 2,243 with 5% significance level. There is a positive and significant effect of learning motivation on learning outcomes with a determination coefficient of 0,107 and t test result of 3,710 with 5% significance level. There is a positive and significant effect of workshop facilities and learning motivation together on the learning outcomes with a determination coefficient of determination of 0,107 and F test result of 6,870 with 5% significance level.


Keywords


Fasilitas bengkel, motivasi belajar, dan hasil belajar pemesinan frais; Workshop facilities, learning motivation, learning outcomes, milling machining

Full Text:

PDF

References


Abdurahman Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arfan Tri Antoro. (2014). Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Praktik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Siswa Kelas XII Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi. Univesitas Negeri Yogyakarta.

Deni Anggih Rizkinandar. (2015). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Guralnik, D.B. (1980). Webster’s New World Dictionary. Cleveland, OH: William Collins Publishers.

Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab VII Standar Sarana dan Prasarana pasal 42.

Rinanto Roesman. (1988). Ketrampilan Psikomotor. Jakarta: DIKTI.

Sardiman AM. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Garfindo Persada.

Tri Susetyo. (2016). Pengaruh Motivasi Praktik dan Kelayakan Bengkel Pemesinan terhadap Prestasi Praktik Pembubutan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i7.5597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin