PENGARUH LATAR BELAKANG KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA TEKNIK PEMESINAN

Iwan Adi Nugraha, Syukri FAW

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang keluarga terhadap motivasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Data diambil dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji homogenitas pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh latar belakang keluarga dan teman sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mengikuti persamaan Y = 52,716 + 0,118 X1 dan Y = 55,052 + 0,179 X2. Lebih jauh lagi pengaruh latar belakang dan teman sebaya secara bersama-sama meningkatkan motivasi belajar siswa mengikuti persamaan Y = 49,191 + 0,150 X1 + 0,180 X2.

This research was conducted to investigate the influence of family background on learning motivation. The research population is students of 10th grade at Machining Department of SMK N 2 Yogyakarta. This research is an ex-post facto research. Data were obtained by using questionnaire and documentation. The data analysis used in this research were simple regression and double regression, which were previously tested for analysis requirements, comprised of normality test, linearity test, and homogeneity test on the 5% significant level. The result shows that the influence of family background and peers increase the students learning motivation which follow the equation Y = 52,716 + 0,118 X1 and Y = 55,052 + 0,179 X2, respectively. The influence of family background together with peers increase the students learning motivation which follow the equation Y = 49,191 + 0,150 X1 + 0,180 X2.


Keywords


Latar Belakang Keluarga,Teman Sebaya, Motivasi Belajar; Family background, peer, learning motivation

Full Text:

PDF

References


Ngalim Purwanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Santrock, Jonn W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sudjana. (2004). Pendidikan Nonformal, Wawasan Sejarah Perkembangan dan Filsafat Teori Pendukung Asas. Bandung: Falan Production.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan; pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i7.5594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin