PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK

Budi Fitrianto, Suyanto -

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah untuk menerapkan Macromedia Flash 8 sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik sub kompetensi Mesin Fluida, mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan media konvensional, mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan media berbasis Macromedia Flash 8, dan mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan media berbasis Macromedia Flash 8 lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan media konvensional? Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Wonosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan soal posttest. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan media konvensional menunjukkan rata-rata 75,581, prestasi belajar siswa yang menggunakan media berbasis Macromedia Flash 8 menunjukkan rata-rata 78,313, dan prestasi belajar siswa yang menggunakan media berbasis Macromedia Flash 8 lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media konvensional.

The purposes of this study are to implement a Macromedia Flash 8-based learning media for Mechanical Technology subject in sub competence of Fluids Machine, to determine student achievement using conventional media and using a Macromedia Flash 8-based media, and to determine wether the learning media gave the higher learning achievements. The methods used in this study was quasi-experimental, with Nonequivalent Control Group research design. The research was conducted at SMK Negeri 2 Wonosari. Data collection techniques used in this research was posttests. Data were analyzed using t-test. The results show that students’ achievement by conventional media gave an average of 75.581, while by using Macromedia Flash 8-based media the average is 78.313. Students learning achievement with the use of Macromedia Flash 8-based media is higher than that of conventional media.


Keywords


Media pembelajaran, macromedia flash 8, pembelajaran, teknologi mekanik; Learning media, macromedia flash 8, learning, mechanical technology, nonequivalent control group

Full Text:

PDF

References


Andy Wibowo. (2012) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Teknik Pengukuran Dengan Adobe Flash Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arief S. Sadiman. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dwi Astuti. (2006). Macromedia Flash 8. Yogyakarta: Penerbit Andi

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Syaiful bahri Djamarah. (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i7.5593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin