PENGARUH MODUL INVENTOR DENGAN KELENGKAPAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI SISWA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR DI SMKN 2 KLATEN

Rusmeianto ., Tiwan -

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modul dengan kelengkapan video tutorial terhadap prestasi siswa dan mengetahui perbedaan prestasi antara siswa yang menggunakan modul dengan kelengkapan video tutorial dengan siswa yang tidak menggunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen, jenis desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan. Data diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dengan tes objektif dan tes praktik. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian: 1) pengujian t-test nilai pre-test dan post-test kelompok eksperimen diperoleh harga t hitung lebih besar dari t tabel (-34,086>-1,998), yang menunjukkan terdapat pengaruh positif (r = 0,802) dan signifikan setelah penggunaan modul dengan kelengkapan video tutorial terhadap prestasi siswa; 2) pengujian t-test nilai post-test kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh harga t hitung lebih besar dibandingkan t tabel (4,420<1,998), yang menunjukkan ada perbedaan prestasi yang signifikan antara kelompok eksperimen (88% lulus) dengan kelompok kontrol (56% lulus).

The purpose of this research was to determine the effect of module with video tutorial addition on students’ academic achievement and to determine the differences in students’ achievement on those who use the the module and those who did not. The research method being used was quasi-experiments, with a pretest-posttest control group design. The subjects of this research were the XI grade students of Machining program. Data were obtained from pre-test and post-test grades using an objective and practice test. Data analysis being used were the normality test and homogeneity test. The hypothesis was tested using t-test. The result of this research are: 1) The t-test of pre-test and post-test grades from the experimental group resulted in t count greater than t table (-34,086>-1,998), which indicates that there is a positive and significant effect (r = 0,802) on the students’ achievement after the module treatment; 2) The t-test of post-test grades from the experimental group and control group resulted in t count greater than t table (4,420<1,998), which indicates that there is a significant achievement difference between the experimental group (88% passes) and the control group (56% passes).


Keywords


Modul, video tutorial, prestasi ; Module, video tutorial, achievement

Full Text:

PDF

References


Ammoro Nur Radian. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Inventor dengan Kelengkapan Video Tutorial untuk Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Pemesianan di SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi. FT UNY.

Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. rev.ed. Jakarta: Rjawali Pers.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2007). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Penddikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. 2nd. ed. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i6.5590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin