PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran aplikasi android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KMKE di SMK N 2 Depok. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi (dua kelas X Teknik Pemesinan, SMK N 2 Depok), satu kelas sebagai kelas eksperimen (32 siswa) kelas kontrol (29 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi android memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kepada siswa kelas X di SMK N 2 Depok.
The purpose of this research is to investigate the effects of android application learning media on the students’ learning outcomes in KMKE subject at SMK N 2 Depok. This research used quasi experimental design in the form of non-equivalent control group design. Sample being used in this research are all of the population of the two grade X classes of Machining Department. The result show that android application learning media have a positive effects on students' learning outcomes of the X grade students at SMK N 2 Depok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief S. Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Creswell, John W. (2014). Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Penerjemah Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i5.5094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin