HUBUNGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK DI SMK N 1 SEDAYU

Riyan Afandi, Sudji Munadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan kognitif dalam pengukuran teknik dan sikap percaya diri terhadap prestasi belajar praktik siswa pada mata pelajaran Praktik Teknologi Mekanik kelas X di SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain expost-facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dari kemampuan kognitif terhadap prestasi belajar praktik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,479 (r=0,692 dan t=5,251 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000). Terdapat hubungan positif dari sikap percaya diri terhadap prestasi belajar praktik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,329 (r=0,574 dan t=3,838 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001). Terdapat hubungan positif dari kemampuan kognitif dan sikap percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar praktik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,535 (r=0,731 dan F=16,665 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000).

This research aimed to invistigate the correlation of cognitive skill on technical measurement and students’ confidence to their practice achievement in Mechanical Technology Subject on class X of SMK Negeri 1 Sedayu. The study was a quantitative research with expost-facto design and was a population study. The data were collected using test and questionnaire. Data were analyzed using simple linier regression and partial linier regression. The results show that there is a positive correlation of cognitive skill in technical measurement to students’ practice achievement with a determination coefficient of 0,479 (r=0,692 and t=5,251 with 0,000 significance). There is a positive correlation of students’ confidence to students practice achievement with a determination coefficient of 0,329 (r=0,574 and t=3,838 with 0,001 significance). There is also a positive correlation of cognitive skill in technical measurement together with students’ confidence to the practice achievement with a determination coefficient of 0,535 (r=0,731 and F=16,665 with 0,000 significance).


Keywords


Kemampuan kognitif, sikap percaya diri, prestasi belajar praktik; Cognitive skill, confidence, practice achievement

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djiwandono. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Jacinta F. Rini. (2002). Konsep Diri. http://e-psikologi.com/dewasa/160502/, di akses tanggal 19 Februari 2016 pukul 13.40 WIB.

Lautser. (2002). Tes Kepribadian. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Muhammad Ansori. (2002). Hubungan Peran Guru, Sikap Siswa Terhadap Kurikuler, dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Menggambar Teknik Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugihartono dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sukardi. (2011). Statistika Pendidikan Untuk Penelitian dan Pengelolaan Lembaga Diklat. Yogyakarta: Usaha Keluarga.

Thantaway. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Thursan Hakim. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i5.5090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin