PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK PADA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN KELAS X JURUSAN PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Wasolehun ., Tiwan -

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul dan mengetahui kelayakan modul pengetahuan bahan teknik pada pelajaran pengetahuan bahan Kelas X pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini: (1) Dapat mengembangkan modul yang sesuai dengan kebutuhan SMK yang disusun berdasarkan silabus dan kurikulum 2013 (2). Berdasarkan uji kelayakan modul pengetahuan bahan teknik dikatakan layak dari ahli materi dosen, ahli media dosen, ahli materi guru, dan uji coba siswa. Modul sudah layak digunakan dalam pembelajaran dengan skor kelayakan 4,31 yang berarti pada klasifikasi “Sangat Baik”.

The aims of this research are to develop Engineering Materials Modul in Material Science subject for grade X of Machining Department at SMK Muhammadiyah Prambanan, and to find out the appropriateness of the module. This research used research and development methods. Data were collected using questionnaire. Data analysis technique being used in this study is quantitative-descriptive which is presented in score distribution towards predetermined assessment scale category. The results show that: (1) the module has been developed in accordance to the SMK needs, syllabus and the 2013 curriculum; (2) The appropriateness of the module were assessed by a lecturer as material expert, a leturer as media experts, teacher of the subject, and trials on the students. The module is fit to be used in teaching and learning, with an average score of appropriateness of 4.31 which can be classified as “Very Good”.


Keywords


Penelitian dan pengembangan, modul, pengetahuan bahan; Research and development, module, material science

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remja Rosdakarya.

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar yang Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Fajar Adzanianto. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Modul pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik dan Elmen Mesin Untuk Siswa Kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK N 3 Yogyakarta. Skripsi UNY.

Indra Saputra. (2011). Pembuatan Modul Proses dasar Perlakuan Logam Pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMKN 2 Wonosari. Skripsi UNY.

Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Yudhi Munadhi. (2013). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru---Referensi. Jakarta: Referensi (GP Press Group).




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i4.5084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin