PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Widodo Hadi Prasetyo, Pardjono -

Abstract


Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran gambar proyeksi berbasis multimedia yang layak digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas X di SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan research and development (R&D). Prosedur pengembangan dan pembuatan tersebut meliputi tahap concept, design, material collecting, assembly dan testing. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta kuetioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran yang dibuat sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas X LS di SMK Negeri 2 Wonosari. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi pakar ahli rata-rata sebesar 4,23 (85,14%), hasil penilai guru rata-rata sebesar 4,18 (83,56%), dan hasil uji coba terbatas rata-rata sebesar 4,55 (91,06%). Dari hasil-hasil tersebut ditarik kesimpulan bahwa media dalam kategori sangat layak digunakan pada proses pembelajaran gambar proyeksi bagi kelas X di SMK Negeri 2 Wonosari.

This study aims to produce an appropriate learning multimedia on projection drawings topic for class X students at SMK N 2 Wonosari. The methods of this research is research and development (R&D). The development steps were concept, design, material collecting, assembly and testing. Data were collected by observations, interview and questionnaire. The result shows that the learning multimedia was categorized as very good for use in class. It is evident  from the assessment of  the experts which scored 4.23 (85.14%), from the teacher which scored 4.18 (83.56%), and small scale test with an average score of 4.55 (91.06%). It can be concluded that the learning multimedia is very appropriate for use in the teaching and learning process.


Keywords


Research and development, r&d, multimedia pembelajaran, kelayakan; Research and development, r&d, learning multimedia, appropriateness

Full Text:

PDF

References


Ariesto H. Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Asyhar H. Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jambi: Referensi Jakarta.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-19. Bandung: Alfabeta.

Suharshimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujiyanto. (2001). Menggambar Teknik Mesin. Kanisius: Yogyakarta.

Takeshi Sato G. (1999). Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: Pratnya Paramita.

Pardjono dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: LPP UNY.

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deeppublish.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i4.5080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin