EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SMK N 2 DEPOK YOGYAKARTA

Warsito ., Sudiyatno -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas implementasi standar penilaian kurikulum 2013 di Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 2 Depok Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah semua guru Jurusan Teknik Pemesinan dan siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 9 guru dan 59 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi standar penilaian dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan penilaian standar penilaian kurikulum 2013 di Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 2 Depok Yogyakarta sudah baik tinggal dipertahankan.

 The purpose of this research is to discover the quality of assessment standards implementation of 2013 curriculum in Machining Department at SMKN 2 Depok Yogyakarta. This research is an evaluation research with a quantitative-descriptive approach. The object of this research is all of the teachers and class XI students of Machining Department at SMKN 2 Depok Yogyakarta. The respondents were 9 teachers and 59 students . Data were collected using questionnaires and documentation. Data were analyzed using descriptive statistical analysis techniques. The results indicate that the implementation of assessment standards in terms of planning, implementation and reporting; is considered good, and should be maintained.


Keywords


Evaluasi, implementasi standar penilaian, kurikulum 2013; Evaluation, implementation, assessment standard, 2013 curriculum

Full Text:

PDF

References


Imas Kurniasih & Berlin S. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep Dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Struktur Kurikulum/ Kompetensi Dasar

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.

Syofian Siregar. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i4.5077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin