METODE PROBLEM POSING UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI JURUSAN TEKNIK PERMESINAN SMKN 2 DEPOK SLEMAN

Andra Setiawan, Sudji Munadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi pembelajaran matematika di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Sleman. Siswa kelas XI dijadikan subjek pada penelitian eksperimen semu ini. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis. Uji-t digunakan untuk melihat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar kelompok kontrol dan eksperimen. Analisis uji-t terhadap skor post test adalah 2,196 dengan taraf signifikan 5% yang berarti thitung > ttabel. Hal ini membuktikan bahwa metode problem posing meningkatkan prestasi pembelajaran matematika.

These research aimed at increasing learning achievement on mathematics at Mechanical Engineering Department SMKN 2 Depok Sleman. The XI grade students were subjected to this quasi-experimental study. Data were collected using a written test. T-test was used to determine improvement differences in learning outcomes of the control and experimental groups. The research result shows that there is a significant difference in learning outcomes on the control and experiment groups. The t-test analysis on post test score was 2,196 on 5% significance level that means tcalculated > ttable.  It was proved that problem posing method improving mathematics learning achievement.


Keywords


Problem posing, Memperbaiki kualitas, Pembelajaran matematika.; Problem posing, quality improvement, mathematics learning

Full Text:

PDF

References


Annis Isnaini. (2006). Metode Pembelajaran Problem Posing pada kegiatan Pembelajaran ditinjau aktifitas Siswa. Skripsi, tidak dipublikasikan.Yogyakarta.

Echols & Shadily. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta. PT Gramedia.

Edy Yuwantoro. (2005). Perbedaan Prestasi Belajar ditinjau dari penggunaan model Pembelajaran. Skripsi. tidak dipublikasikan. Yogyakarta.

Permendiknas. (2006). Standart Kompetensi Lulusan-Standart Kompetensi Pendidikan (SKL-SP) SMK/MAK. Jakarta: Kemendiknas RI.

Silver, E.A. & Cai, J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Student. Journal for Research in Mathematics Education.

Suhaenah Suparno. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pemdiknas.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i4.3397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin