KESIAPAN KERJA SISWA TEKNIK PEMESINAN DITINJAU DARI BAKAT MEKANIK DAN PRESTASI BELAJAR

Aditya Wahyu Pradana, Bernadus Sentot Wijanarka

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bakat mekanik dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa ditentukan dengan sampling purposive. Data yang digunakan sebagai sampel adalah para siswa yang ingin bekerja setelah lulus, dikumpulkan dengan menggunakan tes, dokumentasi, dan angket. Metode teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi bakat mekanik dan prestasi belajar, maka semakin tinggi pula kesiapan siswa untuk bekerja di industri.

This research aimed at knowing the relationship of mechanical aptitude and learning achievement to the  work readiness. This is correlational research with expost facto approach. The population was XI-class of Mechanical Engineering of State Vocational High School , Yogyakarta. The samples were 50 students which determined by purposive sampling. Data which used for sample were students who want to work after their completion, collected by test, documentation, and questionnaire. Data were analyzed by path analysis. The research shows that the higher mechanical aptitude and learning achievement, the higher student's readiness to work in industry.


Keywords


Kesiapan Kerja, Bakat Mekanik, Prestasi Belajar; Work Readiness, Mechanical Aptitude, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Dirwanto. (2008). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pada Siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan. Tesis, tidak dipublikasikan. PPs-UNS.

Gusrial. (2013). Korelasi Kedisiplinan Belajar dan Bakat Mekanik dengan Prestasi Belajar Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Painan. Abstrak Hasil Penelitian Thesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Padang.

Penny Maryati. (2012). Kontribusi Bakat Mekanik dan Proses Belajar pada Mata Pelajaran Produktif terhadap Kompetensi Serta Kesiapan Untuk Bekerja di Industri. Jurnal INVOTEC. VIII (2), 167-178.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineke Cipta.

Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudin. (2003). Menuju Kreativitas. Jakarta : Gema Insani.

Widarto, Pardjono, & Noto Widodo. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills dan Hard Skills Untuk Siswa SMK. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i3.3375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin