PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR

Januar Teguh Setyadi, Widarto -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi soft skills dalam mata pelajaran teknologi mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X SMKN 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas 1TP1 sebagai kelompok eksperimen dan  kelas 1TP2 sebagai kelompok kontrol. Data diambil melalui observasi dan kuesioner. Analisis data melalui statistik frekuensi dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh integrasi soft skills dalam mata pelajaran teknologi mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X SMKN2 Pengasih dengan korelasi 0,455 kategori sedang dan meningkatkan perilaku belajar cukup signifikan yaitu 19,8%.

This study aimed at investigating effect of soft skills integration in Mechanical Technology subject on learning behavior. This was a quasi-experimental research. Sample was selected by purposive sampling technique so that Class 1TP1 was an experimental group and Class 1TP2 was a control group. Data were collected through observations and a questionnaire. They were statistically analyzed using frequencies and product moment correlation. Result of the study show that there was an effect of soft skills integration in Mechanical Technology subject on learning behavior based on  result of product moment correlation test with a correlation coefficient of 0.445 which was in the moderate category. It increase learning behavior significantly of 19.8%.


Keywords


Integrasi soft skills, perilaku belajar, teknologi mekanik; Soft skill integration, learning behavior, mechanical technology

Full Text:

PDF

References


Budiarso Eko. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills di SMK. Disertasi. Yogyakarta: Program Pasca Sarajana Universitas Negeri Yogyakarta.

Muqowim. 2012. Pengembangan Soft Skills Guru. Yogyakarta: Pedagogia.

Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rivai, Veithzal & Mulyadi, Deddy. 2012. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siti Hamidah. 2011. Model Pembelajaran Soft Skills Terintegrasi pada Siswa SMK Program Studi Keahlian Tata Boga. Disertasi. tidak dipublikasikan. Program Pasca Sarajana Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widarto. 2011. Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi Melalui CLOP-Work. Yogyakarta: Paramitra publishing.

Widarto. 2012. Model Pembelajaran Soft Skills pada Pendidikan Vokasi Bidang Manufaktur. Disertasi. tidak dipublikasikan. Program Pasca Sarajana Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i2.3367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin