PENGARUH APERSEPSI VISUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PROSES PEMBUBUTAN DASAR DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO

Jito Nurcahyo, Sudji Munadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apersepsi visual dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teori proses pembubutan dasr di SMKN 2 Pengasih Kulonporgo. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design. Populasi penelitian adalah 62 orang siswa Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pengasih. Data dari pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji-T dua sampel independent dan dependent. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberikan treatment (  hitung=0,337<  tabel=0,342), namun terdapat pengaruh apersespsi visual terhadap prestasi belajar (  hitung=0,451>  tabel=0,342,). Bagaimanapun terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ( hitung=0,709>  tabel=0,342), tetapi terjadi peningkatan prestasi belajar kelompok eksperimen sebelum dan sesudah penggunaan treatment (  hitungnya 0,129<  tabel=0,342).

The effect of visual apperception and learning interests on student achievement learning in the basic theory of turning process at SMK N 2 pengasih kulon progo were investigated. This was a quasi experimental design research. The research population are 62 students of Mechanical Engineering at SMK Negeri 2 Pengasih. Pretest and posttest data were analyzed using independent and dependent two-sample t-test. The result shows that there are no differences in student learning outcomes before treatment (  calculated=0.337< table=0.342), but there are significant effect of visual apperception on learning achievement (  calculated=0.451> table=0.342). However, there is an effect of learning interest on learning achievement ( calculated=0,709> table=0.342), but learning achievement of the experimental group is not increase after treatment (  calculated=0.129< table=0.342).


Keywords


Apersepsi Visual, Minat Belajar, Prestasi Belajar; Visual Apperception , Interests Learning , Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Munif Chatib. (2011). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara. Bandung : PT Mizan Pustaka.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor–Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

S. Nasution (2012). Dikdaktik:Asas–Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i1.3359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin