PENGARUH APERSEPSI VISUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PROSES PEMBUBUTAN DASAR DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apersepsi visual dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teori proses pembubutan dasr di SMKN 2 Pengasih Kulonporgo. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design. Populasi penelitian adalah 62 orang siswa Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pengasih. Data dari pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji-T dua sampel independent dan dependent. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberikan treatment ( hitung=0,337< tabel=0,342), namun terdapat pengaruh apersespsi visual terhadap prestasi belajar ( hitung=0,451> tabel=0,342,). Bagaimanapun terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ( hitung=0,709> tabel=0,342), tetapi terjadi peningkatan prestasi belajar kelompok eksperimen sebelum dan sesudah penggunaan treatment ( hitungnya 0,129< tabel=0,342).
The effect of visual apperception and learning interests on student achievement learning in the basic theory of turning process at SMK N 2 pengasih kulon progo were investigated. This was a quasi experimental design research. The research population are 62 students of Mechanical Engineering at SMK Negeri 2 Pengasih. Pretest and posttest data were analyzed using independent and dependent two-sample t-test. The result shows that there are no differences in student learning outcomes before treatment ( calculated=0.337< table=0.342), but there are significant effect of visual apperception on learning achievement ( calculated=0.451> table=0.342). However, there is an effect of learning interest on learning achievement ( calculated=0,709> table=0.342), but learning achievement of the experimental group is not increase after treatment ( calculated=0.129< table=0.342).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Rohani. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Munif Chatib. (2011). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara. Bandung : PT Mizan Pustaka.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor–Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
S. Nasution (2012). Dikdaktik:Asas–Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i1.3359
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin