PENGARUH PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI JURUSAN TEKNIK MESIN TERHADAP KESADARAN BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Satriawan Wildan, Tiwan -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap kesadaran belajar mandiri peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XI Teknik Mesin Tahun Ajaran 2015/2016  sejumlah 150 orang. Sampel sejumlah 109 orang dihitung dan ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan persyaratan analisis. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran belajar mandiri peserta didik ditunjukan nilai r 0,655 dengan 42,9% variabel X mempengaruhi Y dan nilai t sebesar 8,973.

This research aims to study the effect of information technology-based learning media development on self-learning awareness of the students. This is an ex post facto research with population of all the XI class students of Mechanical Engineering in the 2015/2016 academic year. From the total of 150 students, the research sample is 109 students which is determined by Isaac and Michael formula. Data were collected by means of questionnaire. Data were analyzed using statistic-descriptive and requisite analysis. Results show that there is a positive and significant effect to the self-learning awareness student, as demonstrated by r value of 0.655 with 42.9 % of X variable affects Y variable; and the t value of 8.973.


Keywords


Perkembangan media, teknologi informasi, kesadaran belajar mandiri; Learning media development, information technology, self-learning awareness

Full Text:

PDF

References


Firdaus Daud. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2 Tahun 2012. Hlm. 243-255.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Qodrin Nurfahmi. (2011). Pengaruh Penggunaan teknologi informasi pembelajaran berbasis internet terhadap minat belajar PAI kelas VIII SMP N 30 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i8.3339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin