HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIS, MEMBACA GAMBAR TEKNIK DAN TEORI PEMESINAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT PROGRAM CNC

Sahrul ., Bambang Setiyo Hari P.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis, membaca gambar teknik, teori pemesinan sebagai variabel bebas dan kemampuan membuat program CNC sebagai variabel terikat; hubungan antara masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat; dan hubungan semua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Klaten yaitu sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment, korelasi ganda dan regresi ganda. Uji persyaratan analisis adalah normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai keempat variabel berturut-tururt pada kategori tinggi, sedang, sedang dan sedang. Terdapat hubungan yang positif antara masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,327; 0,271 dan 0,275. Selanjutnya, terdapat hubungan yang positif antara ketiga variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat sebesar 0,434 dan besarnya R Square adalah 0,189. Sedangkan dari uji regresi linier berganda didapat persamaan regresi .

This research treats mathematical skills, engineering drawings comprehension, and machining theory as independent variables; and CNC programming skills as dependent variable. The purpose of the research are to determine the relation of each independent variable to the dependent variable; and the relation of all independent variables combined to the dependent variable. The research object was all of the 62 class XII Machining Program students at SMK Negeri 2 Klaten. Data were collected using documentation method. The data were analyzed using product moment correlation analysis, multiple correlation and multiple regression. The analysis conditions test were normality, linearity and multi-collinearity. The results show the score of all the four aforementioned variables are at the category of high, medium, medium, and medium, respectively. There is a positive correlation of each of the independent variables to the dependent variable, scoring 0.327, 0.271, and 0.275, respectively. There is also a positive correlation of the three independent variables combined to the dependent variables which equals to 0.434 and a level of R Square of 0.189. The multiple linear regression test resulted in regression equation of.


Keywords


Kemampuan matematis, membaca gambar teknik, teori pemesinan, membuat program CNC; Mathematical skills, engineering drawings comprehension, machining theory, CNC programming

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gibbs, David & Crandell, Thomas M. (1993). Dasar-Dasar Teknik dan Pemrograman CNC. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.

Harsokoesoemo, H. Darmawan. (2004). Pengantar Perancangan Teknik. Bandung: ITB.

Hawadi, Reni Akbar. (2001). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i8.3336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin