KESESUAIAN APLIKASI TEKNOLOGI DI UPT LOGAM, CV. TUNAS KARYA, DAN PT. DHEAWINA TEKNO SEBAGAI TEMPAT PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI

Adhi Tri Setiono, Sudiyatno -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi industri, jenis teknologi, tingkat teknologi, dan tingkat kesesuaian antara jenis dan tingkat teknologi dengan kompetensi mahasiswa praktikan praktik industri. Penelitian yang dilaksanakan di industri UPT Logam, CV. Tunas Karya, dan PT Dheawina Tekno ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian primer dalam penelitian ini adalah hasil observasi peneliti dan wawancara dengan karyawan industri. Sumber data penelitian sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi dari pihak industri dan laporan 5 mahasiswa yang pernah melaksanakan praktik industri di industri mitra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis dan tingkat teknologi di industri mitra sudah sesuai dengan kompetensi mahasiswa praktikan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY.

This research were aimed to discover the condition in industries, the type of technology, the technology level and the compatibility of technology type and level to the students competency in industrial attachment. This research is a descriptive research using qualitative approach, and took place in UPT Logam, CV. Tunas Karya, and PT. Dheawina Tekno. Sources of primary research data were researcher’s observation and interviews with the employees of the industries. Sources of secondary research data were documentation owned by the industries and industrial attachment reports of 5 students. Results show that the type and level of technology in industrial partners is compatible with the students’ competency.


Keywords


Kesesuaian, teknologi, praktik industri; Compatibility, technology type and level, industrial attachment

Full Text:

PDF

References


Agung Widadi. 2013. Laporan Praktik Industri: Pembuatan Rangka Mesin Pengayak Limbah Penetes Aluminium di UPT Logam Yogyakarta. Yogyakarta.

Hari Kiswanto. 2013. Laporan Praktik Industri: Perancangan Konstruksi Rangka Mesin “Pengayak Limbah Penetes Aluminium” di UPT Logam Yogyakarta. Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi penelitian kualitatif (Edisi ke-24). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Syari’ati Ramadhani. 2014. Laporan Praktik Industri: Proses Diklat CAD Karyawan PT. Dheawina Tekno. Yogyakarta.

Nur Hasan. 2014. Laporan Praktik Industri: Rancang Bangun Mesin Pemisah Daging Tulang Ikan di CV. Tunas Karya. Yogyakarta.

Oemar Hamalik. 2005. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Praktik Industri. 2013. Pedoman Praktik Industri Mahasiswa Fakultas Teknik UNY. Yogyakarta.

Yohannes Aji Pamungkas. 2014. Laporan Praktik Industri: Sistem Punch and Dies Sebagai Pemotong Profil Cetakan Kue pada Proses Pengecoran Logam Aluminium di UPT Logam Yogyakarta. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i8.3334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin