PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Lingga Jati Nurogo, Bernadus Sentot Wijanarka

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TPA SMK Muhammadiyah Prambanan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian hasil praktik dengan pelaksanaan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Teknik Permesinan Bubut melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek. Pada Siklus I, hasil belajar meningkat dari rata-rata 7,76 menjadi rata-rata sebesar 8,67 dengan ketuntasan 66,67% menjadi 81,48%. Pada siklus II, hasil belajar kembali mengalami peningkatan rata-rata dari 8,67 menjadi rata-rata sebesar 9,19  dengan ketuntasan 81,48% menjadi 100%. Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Teknik permesinan bubut di kelas XI TPA SMK Muhammadiyah Prambanan.

The objective of this study was to determine the improvement of students’ academic achievement in lathe machining technique subjects in class XI TPA in SMK Muhammadiyah Prambanan after being trained with project-based learning methods. This research uses classroom action research incorporating two cycles. The subjects are 27 students of class XI of SMK Muhammadiyah Prambanan in the academic year of 2013/2014. Data were collected by assessment of practices results from the application of project based learning method. Data were analyzed using quantitative-descriptive analysis. The results show that there was an improvement in students’ achievement in the Lathe Machining Technique subject with the application of project-based learning methods. In the first cycle, the learning achievement improved from an average of 7.76 to 8.67; with mastery criteria improved from 66.67% to 81.48%. In the second cycle, student learning achievement improved from an average of 8.67 to 9.19; with the matery criteria improved from 81.48% to 100%. The application of project-based learning method has sucesfully improved students’ learning achievement in Lathe Machining Techniques in class XI TPA SMK Muhammadiyah Prambanan.


Keywords


Pembelajaran berbasis proyek, project based learning, hasil belajar; Project-based learning, student achievement, quantitative-descriptive

Full Text:

PDF

References


Dimyati&Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta.

E. Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

SaidunHutasuhut. (2010). “Implementasi Pembelajaran BerbasisProyek (Project-Based Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan pada Jurusan Manajemen FE Unimed”. Pekbis Jurnal, Vol.2, No.1, Maret 2010: 196-207.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswin Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Widanarto. (2006). Evaluasi Pembelajaran.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i7.3325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin