STUDI KELAYAKAN FASILITAS BENGKEL PEMESINAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Lalu Irfan Waspadali, Wagiran -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kelayakan fasilitas bengkel pemesinan Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini  merupakan penelitian deskriptif. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian kelayakan ditinjau dari persentase pencapaian kelayakan tertinggi adalah pada aspek perabot yaitu 88,5% (sangat layak). Sedangkan aspek yang digolongkan dalam katagori layak yaitu aspek media pembelajaran 75% (layak), perlengkapan pendukung 73,3% (layak), lahan ruang praktik 70,35% (layak), dan sarana praktik pemesinan 64% (layak).

This study aims to determine the feasibility of the machining workshop in the machining study program at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. This is a descriptive research. Data were collected by means of observation, documentation and interviews. The level of feasibility is presented with a percentage. Result shows that the highest percentage is from the furnishing with 88,5% (highly feasible). Other aspects are considered as feasible,  namely  learning media with 75%; supporting equipments with 73,3%; practice area with 70,35% and  machining facilities with 64%.


Keywords


Kelayakan, Fasilitas, Bengkel Pemesinan.; Feasibility, facility, machining, workshop

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Indonesia. (2014). Instrumen Verifikasi SMK Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan No. 1254-P1-14/15.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Keputusan Menteri. (2004). Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 129a/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan.

Lexy J Moleong. (1991). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri. (2008). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008 Tanggal 31 Juli 2008 Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (1989). Manajemen Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdy Mahasatya

Undang-Undang Republik Indonesia.(2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i7.3323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin