PENGARUH FASILITAS BENGKEL DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI M

Anang Suprayogo, Bambang Setiyo Hari P.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas bengkel dan kreativitas terhadap prestasi praktik pemesinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian pemesinan SMK PIRI Sleman dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat fasilitas bengkel dan kreativitas siswa, maka semakin tinggi prestasi praktik pemesinan siswa dengan persamaan regresi Y= 0,60 14X1">  + 0,61 X2 – 4,11.

This study aims to determine the effect of workshop facilities and creativity on the achievement of machining practices. This research uses a correlational approach with an ex post facto type of research. The population was class XI students of machining skills program of SMK PIRI Sleman and the research subjects were 17 students. Data were collected using questionnaires and documentation. Data were analyzed using multiple regression analysis. Results indicate that the higher the level of workshop facilities and the creativity of the students, the higher the student achievement in machining practices, with the regression equation as Y= 0,60 14X1">  + 0,61 X2 – 4,11.


Keywords


Fasilitas bengkel, kreativitas, prestasi belajar praktik pemesinan; Workshop facility, creativity, achievement, machining practices

Full Text:

PDF

References


Anonim. tth. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari http://www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf. Hari Senin, 17 Agustus 2015 jam 19:00 WIB.

Conny Semiawan. (2012). Memupuk Bakat dan Kreativitas. Jakarta: Gramedia.

Imam Musbikin. (2006). Mendidik Anak Kreatif. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Peraturan Menteri. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK.MAK). Diakses tanggal 17 Agustus 2015 dari https://www.google.co.id/search?q=Peraturan+Menteri+Pendidikan+Nasional+No.+40+tahun+2008+Tentang+Standar+Sarana+dan+Prasarana+Sekolah+Menengah+kejuruan%2FMadrasah+Aliyah+Kejuruan+(SMK.MAK).&oq=Peraturan+Menteri+Pendidikan+Nasional+No.+40+tahun+2008+Tentang+Standar+Sarana+dan+Prasarana+Sekolah+Menengah+kejuruan%2FMadrasah+Aliyah+Kejuruan+(SMK.MAK).&aqs=chrome..69i57.1491j0j8&sourceid=chrome&es_sm=93&ie=UTF-8.

Sumadi Suryabrata. (2013). Metedologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Utami Munandar. (2012). Crativity and Education. Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i7.3322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin