PEMBELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Yuda Andri Irawan, Setya Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik dan untuk mendapatkan model dengan pengaplikasian handout. Subyek penelitian ini terdiri dari 32 siswa dari XMB pada program teknik pemesinan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. hasil dari penelitian ini adalah keaktifan siswa 72,71% pada siklus I dan 76,83% pada siklus II dan 83,56% pada siklus III, pemahaman siswa 64,3 di siklus II dan 76,4 pada siklus ketiga. Model pembelajaran dengan menggunakan handout di awali dari merumusan tujuan pembelajaran, membuat persiapan mengajar dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.

This research to improve the students’ activity and comprehension in Mechanical Technology subject and to get a model by utilizing handouts. The subject of this research is the 32 students of XMB machining program. This research is a classroom action research consisting of three cycle. The results are: students’ activity is 72,71% in the first cycle, 76,83% in the second cycle, and 83,56% in the third cycle; students’ comprehension are 64,3 in the second cycle and 76,4 in the third cycle. The learning model by utilizing handouts starts with the formulation of learning purposes, the construction of teaching plans and the implementation of the teaching and learning process.


Keywords


Pembelajaran Teknologi Mekanik, media handout.; Mechanical technology, handouts, media

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andi Prastowo & Desy Wijaya. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2009). Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran PDTM Dengan Menggunakan Media Handout Di SMK 1 Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i6.3312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin