IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SMK N 2 DEPOK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN

Rolannirki Rumahorbo, Wagiran -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 ditinjau dari empat  aspek yaitu, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan evaluasi penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Mesin di SMK N 2 Depok. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori cukup baik, dengan presentase pencapaian skor 77,26%. Empat aspek pelaksanaan menunjukkan bahwa, kegiatan pendahuluan termasuk dalam kategori baik, dengan presentase pencapaian skor 76,67%, kegiatan inti termasuk dalam kategori cukup baik, dengan presentase pencapaian skor 77,28%, kegiatan penutup termasuk dalam kategori cukup baik, dengan presentase pencapaian skor 77,71%, dan evaluasi penilaian termasuk dalam kategori cukup baik, dengan presentase pencapaian skor 77,71%.

The purpose of this research is to study the implementation of the 2013 learning curriculum in terms of four aspects, namely initiating activity, main activity, concluding activity, and evaluation. This research is a descriptive research with quantitative approach. The object of this research are the students of class X and XI of Mechanical Engineering Program at SMK N 2 Depok. The data were collected using questionnaire and were analyzed using descriptive statistical analysis. The results of the research show that the learning implementation is in the category of “satisfactory”, with a percentage of 77.26%. Four aspects of the implementation show that for initiating activity is in the category of “good” (scoring 76.67%), for the main activity is in the category of “good” (scoring 77.28%), concludin activity is in the category of “good” (scoring 77.71%), and evaluation is in the category of good (scoring 77.71%).


Keywords


implementasi pembelajaran, kurikulum 2013, Teknik mesin; learning implementation, 2013 curriculum, mechanical engineering

Full Text:

PDF

References


Oemar Hamalik. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2012). Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Dasar No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (19) tentang Sistem Pendidkan Nasional.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i5.3307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin