PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK LAS OXY ACETYLENE SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Budiyanto ., Riswan Dwi Djatmiko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video tutorial terhadap prestasi belajar praktik las oxy acetylene siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan menggunakan lembar penilaian praktik dan analisis  menggunakan analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran praktik las oxy acetylene sebelum diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen dan kontrol memiliki kemampuan awal yang setara dan hasil data menunjukkan masih banyak siswa yang belum tuntas. Prestasi belajar setelah diberikan perlakuan mengalami kenaikan baik pada kelompok eksperimen maupun kontrol. Setelah pembelajaran dengan video tutorial terdapat pengaruh pada prestasi belajar yaitu sebesar 12,82%. Selain pengaruh juga terdapat perbedaan prestasi belajar setelah diberikan perlakuan yaitu dengan membandingkan hasil post-test, setelah penerapan pembelajaran dengan video tutorial dan pembelajaran konvensional memiliki persentase perbedaan sebesar 6,5%.

This research aims to determine the effect of using Video Toturial On academic achievement of Oxy Acetylene Welding Practice. The subjects of this research are the 10th grade students of SMK Muhammadiyah Prambanan, consisting of 50 students. The technique of collecting data is using practice assessment sheet. Data were analyzed using descriptive analysis and percentage technique. The results show that the students’ achievement on welding oxy acetylene practice before the treatment, both experimental group and control group have equal initial skill, with many students could not finish the job. The academic achievement did improved after class treatment on both experimental group and control group. Result shows a 12.82% effect on students’ achievement after learning process using the video tutorial. By comparing the post-test results of video tutorial learning and conventional learning, there is a 6.5% difference on the students’ achievement after the class treatment.


Keywords


Video Tutorial, Prestasi Belajar, Las Oxy Acetylene; Video tutorial, Achievement, Oxy acetylene welding

Full Text:

PDF

References


Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yogi Nurcahyo Dinata (2013). Penggunaan media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa teknik gambar bangunan SMK N 1 Seyegan pada mata pelajaran menggambar dengan AutoCad. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i5.3300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin