PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN ALAT PERKAKAS TANGAN TERHADAP HASIL PRAKTIK KERJA BANGKU

Zidni Mushthofa, Thomas Sukardi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kelengkapan alat perkakas tangan terhadap hasil praktik kerja bangku siswa pemesinan kelas X SMK Muhammdiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 60 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen dilakukan dengan Product Moment, sedangkan reliabilitas diketahui melalui Alfa Croncbach. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai RXY=0,887, nilai (Rxy)2=0,788 dan sumbangan efektif sebesar 78,8%.

This research aims to determine the effect of students’ perception of hand tools completeness on the result of workbench practices of class X mechanical engineering students at SMK Muhammadiyah 1 Bantul. This study is an ex post facto research. The subjects of this study were the 60 respondents of class X students. This study used sampling quota technique. The data were collected using questionnaire and documentation. Validity of the instrument is using product moment whereas reliability is identified by an Alpha Croncbach. Hypothesis test is using correlation product moment. Results of this study show that there is a positive and significant effect of students’ perception of hand tools completeness on the result of workbench practice with RXY=0,887, (RXY)2=0,788 and effective contribution of 78,8%.


Keywords


Persepsi, Alat perkakas tangan, Hasil praktik kerja bangku.; Perception, Hand tools , workbench practice

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fikria Rachmahani. (2011). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kompetensi Melayani Makan dan Minum Pada Siswa Kelas X Progam Studi Keahlian Tata Boga di SMK N 3 Purworejo. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyata Pujiati. (1994). Metodologi Penelitian Pengajaran Bahasa Suatu Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: FPBS IKIP.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i4.3283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin