PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK MESIN

Rizky Kusuma Putra Wibawa, Thomas Sukardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik mesin melalui penerapan metode  problem based learning (PBL). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart diterapkan pada siswa kelas XI teknik mesin SMK PIRI Sleman. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes kemudian dianalisis dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I dan II. Peningkatan rata-rata motivasi belajar sebesar 5,46%, sedangkan prestasi belajar meningkat 1,5 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau setara dengan 100%.

This research aims to improve student’s learning motivation and achievement on the subject of Mechanical Engineering Drawing through the implementation of problem-based learning (PBL) methods. This is a Classroom Action Reseach (CAR). The Kemmis and Mc. Taggart Model were applied towards the students of Class 11 of Mechanical Engineering of SMK PIRI Sleman. Data were collected using observation sheets, questionnaire, and tests; and were analyzed using quantitative-descriptive data analysis.The research showed that there were an increase on cycles I and II. The average of learning motivation increase is 5,46%; while the average increase of learning achievement is 1,5. The number of students completed the survey were 21 students, which is equivalent to 100%.


Keywords


Problem based learning, Motivasi belajar, Prestasi belajar, Menggambar teknik mesin; Problem based learning, Motivation to learn, Learning achievement, Mechanical engineering drawing

Full Text:

PDF

References


Arends Richard. (2004). Learning to Teach. New York: McGraw Hill Companies.

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

J. Winardi. (2001). Motivasi dan Pemotivasiannya dalam Manajemen. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitiann Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Leonardus Baskoro Pandu. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurjanah. (2004). Pembelajaran Berbasis Masalah. Disampaikan pada Pelatihan Pembelajaran Matematika Jurusan Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta.

Oemar, Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Paramita Ika Sari. (2012). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Siswa di MAN 1 Yogyakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i3.3270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin