PENGARUH KELAYAKAN FASILITAS BENGKEL DAN PRESTASI TEORI PROSES PEMESINAN TERHADAP PRESTASI PRAKTIK BUBUT SISWA

Muh Taufiq Ramadhan, Syukri FAW

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kelayakan fasilitas bengkel dan prestasi teori proses pemesinan terhadap prestasi praktik bubut siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian  ini adalah siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa ditentukan dengan persamaan slovin. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kelayakan fasilitas bengkel dan prestasi teori proses pemesinan, maka semakin tinggi prestasi praktik bubut siswa dengan persamaan regresi Y=63,20+0,13X1+0,65X2.

This research aims to know influence of advisability workshop facility and machining theory achivement on lathe practice achivement. This is ex-post facto research with descriptive correlational approach. The population is 12th grade students in mechanical engineering SMK N 2 Yogyakarta. The sample were 90 students which determined by slovin equation. Data collection method used questionnaire, test dan documentation. Data analysis technique used descriptive and multiple regression analysis. The research shows that increasing of advisability workshop facility and theory achievement of machining would increase the lathe practice achievement by regression equation of Y=63,20+0,13X1+0,65X2.


Keywords


Kelayakan fasilitas bengkel, Prestasi teori proses pemesinan, Prestasi praktik bubut; Advisability workshop facility, Machining theory achivement, Lathe practice achivement

Full Text:

PDF

References


Alim Sumarno.(2011). Fasilitas Laboratorium. Diakses tanggal 22 september 2014 dari http://blog.elearning.unesa.ac.id/alim-sumarno/fungsi-laboratorium.

Anonim. 2009. Standar peralatan praktik SMK. Diakses tanggal 14 agustus 2014 dari http://edukasi.kompas.com.

Harifuddin.(2009). Kontribusi yang Positif dan Berarti antara Penguasaan Teori terhadap Prestasi Praktek Kompetensi Pengoprasian Mesin Produksi dengan Kendali Elektromekanik pada Siswa SMK N 1 Bontang.Jurnal Medtek UNM. Diakses tanggal 14 agustus 2014 dari http://elektro.unm.ac.id/jurnal/Jurnal_MEDTEK_VOL.1.pdf.

M. Fatkhur Rokhman. (2012). Pengaruh Kelayakan Fasilitas Bengkel dan Prestasi Pelajaran Instalasi Listrik terhadap Kesiapan Kerja Sebagai Instalatir Listrik Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta.Skripsi FT UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin