MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR TEKNOLOGI PENGUKURAN DENGAN METODE PROBLEM SOLVING

Ridwan Hanafi, Nuchron -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi pada pelajaran teknologi pengukuran di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan metode problem solving. Subjek penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart ini adalah 30 siswa kelas X TP2. Pengumpulan data menggunakan  lembar observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke II. Rata-rata keaktifan siklus I sebesar 36,66% pada siklus II naik menjadi 74,43%. Lebih jauh, rata-rata skor pada siklus pertama adalah 70,40 dengan 53.33% siswa tuntas, pada siklus II menjadi 82,13 dengan 90% siswa tuntas.

This research aims to increase activeness and achievement of measuring technology at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta by problem solving method. The subject of these classroom action research with Kemmis and Mc Taggart model were 30 students of X TP2 class. Data were collected using observation sheet and test that then analyzed qualitative descriptive. The research result shows that there was enhancement from cycle I to II. The average activity in first cycle increased in second cycle from 36,66% to 74,43%. Furthermore, the average score on first cycle was 70.40 with 53.33% students completed, on the second cycle became 82.13 with 90% students completed.


Keywords


Problem solving, Keaktifan belajar, Prestasi belajar, Teknologi pengukuran; Problem solving, Learning activity, Learning achivement, Measuring technology

Full Text:

PDF

References


Anisa Septi. (2012). Penerapan Metode Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 2 Kaloran Temanggung Dalam Mengikuti Mata Pelajaran IPS. LaporanPenelitian.UNY.

Christiana Istijani. (2010). Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui metode Problem Solving Based Teaching Di Kelas IV SD Kanisius Kalasan Kabupaten Sleman. Laporan Peneitian. UNY.

Ghufron & Rini. S. (2010). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. (1987). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Solih Rohyana. (2004). Menggunakan Alat Ukur SMK. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah & Azwan Zain. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Zainal Aqib, dkk. (2009) Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Bandung: CV Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin