KELAYAKAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN DAN KUALIFIKASI GURU TEKNIK PEMESINAN SMK DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Diega Hirdiawan, Setya Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sarana prasarana pembelajaran dan kualifikasi guru pada kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Data sarana prasarana pembelajaran dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan sistem skala guttman sedang  kualifikasi guru menggunakan metode angket. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan sarana prasarana pembelajaran baru memenuhi 73% standar dari PERMENDIKNAS RI No. 40 Tahun 2008 sedang 92% guru yang mengajar bidang Teknik Pemesinan di SMK seluruh Kabupaten Gunungkidul  guru telah memenuhi standar kualifikasi sesuai PERMENDIKNAS RI No. 16 Tahun 2007.

The research goal is to knowing the feasibility of infrastructure facilities and teachers qualifications of mechanical machining  at SMK in Gunungkidul District. This was a survey research. The feasibility of learning facilities and infrastructure data were collected using observation method of guttman scale system while the teachers qualifications by questionnaires. Data were analyzed with descriptive statistics. The results indicate that the feasibility of learning facilities and infrastructure meets the 73% of PERMENDIKNAS RI No. 40 year 2008 standar while 92% teachers who teach Mechanical Machining at SMK in Gunungkidul District have met the qualifying standards of PERMENDIKNAS RI No. 16 year 2007.


Keywords


Kelayakan, Sarana, Prasarana, Kualifikasi guru, Teknik pemesinan; Feasibility, Facilities, Infrastructure, Teachers qualifications, Mechanical machining

Full Text:

PDF

References


Ardi Kurniawan. (2014). Kompetensi Guru dan Kesiapan Sarana Prasarana pada Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMKN 2 Pengasih. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dharminto. (2006). Metode Penelitian dan Penelitian Sampel. Diakses tanggal 30 Desember 2014 dari http://eprints.undip.ac.id/5613/1/METODE PENELITIAN_-_dharminto.pdf

Natsir Hendra Pratama. (2011). Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana SMK/MAK. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin