ANALISIS PERSEPSI SISWA UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK LAS BUSUR MANUAL DI SMKN 1 SEDAYU

Eko Wahyu Nugroho, Riswan Dwi Djatmiko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap proses pembelajaran, yang meliputi tahapan perencanaan pembelajaran, tahapan pelaksanaan pembelajaran, dan tahapan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pengelasan Las Busur Manual (SMAW) di SMK N 1 Sedayu. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian dan saran untuk meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan berjumlah 89 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran yang meliputi: tahapan perencanaan pembelajaran, tahapan pelaksanaan pembelajaran, dan tahapan evaluasi pembelajaran berada dalam kategori tinggi.

The aims of this study is to find out the students perceptions on learning process, which is consist steps of planning, implementation and evaluation on Shielded Metal Arc Welding (SMAW) subject in SMK N 1 Sedayu. The study result can be used as assessment and suggestion to enhance the learning process. This was descriptive quantitative research. The research population was all of the 89 students of grade XI welding technique department. Data were collected by questionnaire and then analyzed using descriptive quantitative percentage statistics. The result shows that the perceptions of students on learning process, which is consist steps of planning, implementation and evaluation can be categorized as high.


Keywords


Persepsi, Proses Pembelajaran, Las Busur Manual; Perceptions, Learning Process, Shielded Metal Arc Welding

Full Text:

PDF

References


Angga, M.Yusuf, Hj. Sulistyarini. (2012). Persepsi Siswa dalam Proses Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Qomar Mempawah. Skripsi, tidak dipublikasikan. Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP: Untan.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud

Eko Noferi. (2011). Hubungan Antara Persepsi Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah dan Kepribadian Remaja Teman Sebaya dengan Disiplin Siswa SMK N 1 Sedayu. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Eko Putro Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hery Sonawan dan Rochim Suratman. (2006). Pengelasan Logam. Bandung: Alfabeta

Kokom Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Revika Aditama

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Salmeto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sarlito W. Sarmono. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Yeni Swestiastuti. (2012). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Praktek Menjahit di SMP Muhammadyah 3 Depok Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin