PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK PENGELASAN SMAW DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH

Suparmanto ., Suyanto -

Abstract


Penetilian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  keaktifan dan prestasi belajar mata pelajaran teknik pengelasan shielded metal arc welding (SMAW) dengan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving). Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart ini dilakukan terhadap 38 siswa kelas XI TP3SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I dan II.  Peningkatan rata-rata keaktifan belajar sebesar 9,48%, sedangkan prestasi belajar 10,44% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 36 siswa atau setara dengan 94,74%.

This research aims to determine the increase in activeness and learning achievement in shielded metal arc welding (SMAW) subject with problem solving learning-methods. This classroom action research with Kemmis and Mc.Taggart modelwas implemented on 38 students of class XI TP 3 SMK Muhammadiyah 1 Bantul.Collecting data using the observation and tests were then analyzed quantitative-descriptively. The research result shows that an increase took place in cycle I and II. An average increase of learning activeness andlearning achievement are respectivelys 9.48%, and 10,44% with 36 students who completed, or equivalent to 94.74%.


Keywords


Pemecahan masalah, Keaktifan belajar, Prestasi belajar; Problem solving, Learning activeness, Learning achievement

Full Text:

PDF

References


Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Devi Nur Afidah. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Mata Pelajaran Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Penjualan di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang.

Jamina Limau. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS siswa kelas III SDN Lesanpuro 1 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang.

Nana Sudjana. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah & Azwar Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Wijayah kusuma & Dedi Dwitagama. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Permata Putri Media.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i1.3257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin