MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MEMBUBUT MELALUI METODE STAD DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Danang Yuli Ariyanto, Paryanto -

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dengan metode STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran membubut di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian Tindakan Kelas pada kelas XI TP4 ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat fase yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Rata-rata peningkatan keaktifan, prestasi belajar dan ketuntasan belajar berturut-turut adalah 44,44; 13,94 dan 34,10%. Cara yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar adalah dengan memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Kemudian menekankan akan belajar sebagai proses bukan hanya hasilnya saja. Selain itu juga memberikan hadiah kepada kelompok paling aktif dan kelompok terbaik sebagai motivasi untuk menjadi yang terbaik.                 

The aims of this research to improve the activity and learning achievement by STAD (Student Teams Achievement Division) method on Turning subject at SMK Muhammadiyah 1 Bantul. The study on XI TP4 class was conducted in two cycles. Each cycle consists of four steps namely planning, action, observation, and reflection. The data were obtained through observation and tests. Data analysis was descriptive qualitative. The improvement average of activity, students achievement and The percentage of minimum passsing criterion was 44.44, 13.94 and 34.10%. The way that researchers use to improve student achievement and learning activity is motivated students to actively participate in learning. The researchers also emphasize learning as a process not only results. The teacher give a prize to the most active groups and the best group as motivated to be the best.


Keywords


STAD, Aktivitas, Prestasi Belajar, Mata pelajaran membubut; STAD, Activity, Learning achievement, Turning subject

Full Text:

PDF

References


Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif (Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhadi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratiwi Puji. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Guna Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Kelas VII B di SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ririn Bhekti. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI Akuntansi 3 SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. (1980). Manajemen Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tyas Azmi Deviyanti. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi. Skripsi. tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zainal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zainal Aqib, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CV Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i1.3255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin