PENINGKATAN HASIL BELAJAR PROSES DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE

R. Muchamat Rais S., Dwi Rahdiyanta

Abstract


Pengaruh penerapan metode think-pair-share terhadap hasil belajar PDTM telah diselidiki. Penelitian quasi eksperimen jenis Nonequivalent control group design ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Kelas X TPA digunakan sebagai kelompok kontrol sedang kelas X TPC sebagai kelompok eksperimen. Data yang terkumpul melalui penilaian hasil pretest dan posttest di analisis menggunakan uji-t. Nilai rerata kelompok eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan berturut-turut adalah 68,72 dan 89,29, sementara kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan hasil belajar. Hasil posttest kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh thitung = 1,408 dengan df = 37 pada taraf kesalahan 0,05. Hasil uji-T menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan perlakuan metode pembelajaran think-pair-share pada mata pelajaran proses dasar teknik mesin.

Implementation effect of think-pair-share method on mechanical engineering basic process (PDTM) learning outcomes has been investigated. This quasi-experimental with non-equivalent control group design research was done at SMK Muhammadiyah Prambanan. Class X TPA was used as a control group while Class X TPC as an experimental group. Data collected through pretest-posttest score were analyzed by t-test. The experiment group mean score before and after treatment was 68,72 and 89,29 respectively, while the control group learning outcomes does not increase. Posttest score of control and experimental group was tcalculated =1,408 with df = 37 on erroneous level 0.05. T-test showed that there was improvement on mechanical engineering basic process learning outcomes after treated using think-pair-share method.


Keywords


Peningkatan, Hasil Belajar, Think-Pair Share, Proses Dasar Teknik Mesin; Improvement, Learning Outcomes, Think-Pair-Share, Mechanical Engineering Basic Process.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2008). Learning To Teach. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Atik Widarti. (2007). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Penggunaan Model Pembelajaran Koopertatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Segi Empat Pada Siswa Kelas VII Semester 2. Skripsi. tidak dipublikasikan Universitas Negeri Semarang.

Sri Rahayu. (2006). Pembelajaran PS-Ekonomi Pokok Bahasan Pasar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share. Skripsi. tidak dipublikasikan Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono.(2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i1.3250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin