HUBUNGAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGELASAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK N 1 SEDAYU

Yuli Supriyanto, Subiyono -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan praktik kerja lapangan (PKL) dan penguasaan kompetensi pengelasan dengan minat berwirausaha di Jurusan teknik pengelasan di SMKN 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII berjumlah 63 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara praktik kerja lapangan dan penguasaan kompetensi pengelasan terhadap minat berwirausaha secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. PKL dan penguasaan kompetensi pengelasan memberi sumbangan yang positif terhadap minat berwirausaha.

The study purpose was to determine the field practice and welding competency relationship on students entrepreneurship interest at welding department of SMK N 1 Sedayu. This is a descriptive qualitative study. The population were all of 63 students of XII grade. Data were collected by documentation and questionaire and then analyzed using simple and multiple linear regressions. The result shows that there were a positive correlations of field practice and welding competency on the student entrepreneurship interest dependently or simultantly. Furthermore, it has a positive contribution on the student entrepreneurship interest.


Keywords


Praktik kerja lapangan, Kompetensi pengelasan, Minat berwirausaha; Field practice,Welding competency, Entrepreneurship interest

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan dan Pengawasan Nasional. 2013,Pengangguran usia muda. Diakses tanggal 2 Januari 2014 dari Bappenas.go.id/read/2014/3/11/2014.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Joko Sutrisno. 2013, 2014, 70 Persen Lulusan SMK Terserap Pasar Kerja. Diakses tanggal 4 januari 2014 jam 22.30 WIB dari edukasi.kompas.com/read/2010/01/26/16324716/2014.70persen.lulusan.smk.terserap.pasar.kerja.

Made Wena. (1996). Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Tarsito.

Noval Jefri. (2013). Hubungan antara Hasil Belajar Kewirausahaan dan Hasil Praktik Kerja Industri dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi, tidak dipublikasikan Universitas Negeri Padang.

Nurwakhid. 1995. Usaha Pengembangan Minat Murid SMK Terhadap Kewirausahaan di Kota Semarang. Laporan Penelitian, tidak dipublikasikan. Semarang: IKIP Semarang.

Reza Agung. (2014). Hubungan Antara Prestasi Belajar Praktik Las Busur Manual dan Bimbingan Karir Dengan Minat Berwirausaha Siswa diakses tanggal dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/9129/89/939.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i1.3249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin