PENGEMBANGAN E-MODUL PEMESINAN GERINDA DATAR MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KELAS XII SMK NEGERI 1 NANGGULAN

Michael Alehandro, Putut Hargiyarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran nilai hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pengembangan e-modul pemesinan gerinda datar, dan mengetahui tingkat efektivitas penggunaan e-modul pemesinan gerinda datar terhadap hasil belajar siswa kelas XII. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang meliputi pendefisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Subjek penelitian ini yaitu 34 peserta didik kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 1 Nanggulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest – post test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dan setelah penggunaan e-modul terdapat perbedaan yang signifikan dan berdasarkan uji n gain, tingkat efektifitas penggunaan e-modul berada di kategori cukup efektif.

This study aims to determine the value of student learning outcomes before and after the development of the flat grinding machining e-module, and to determine the level of effectiveness of using the flat grinding machining e-module on student learning outcomes in class XII. The method used is Research and Development (R&D) which includes definition, design, development, and dissemination. The subjects of this study were 34 students of class XII Mechanical Engineering SMK N 1 Nanggulan. The data collection technique used was the pretest - post test. The data analysis technique used in this study uses descriptive analysis techniques, prerequisite analysis tests, and hypothesis testing. The results of the study show that there is a significant difference in learning outcomes before and after using the e-module and based on the n gain test, the effectiveness level of using the e-module is in the fairly effective category.


Keywords


Media Pembelajaran, E-modul, Hasil Belajar Siswa; Learning Media, E-module, Student Learning Outcomes

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v11i2.20901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.