KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI

Pradeka Galang Ansharamuddin, Sudji Munadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan proses pembelajaran daring khususnya praktik pemesinan pada masa pandemi serta menganalisis apa saja yang menjadi hambatan atau kendala dari proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan guru dan siswa kelas XI jurusan teknik pemesinan SMKN 3 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022. Objek dalam penelitian ini adalah Keefektifan pembelajaran praktik  pemesinan pada masa pandemi covid-19. Metode pengumpulan data berupa instrumen angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran  praktik pemesinan di SMK N 3 Yogyakarta kelas XI Program Keahlian Studi Teknik Pemesinan tahun ajaran 2021/2022 pada masa pandemi dapat simpulkan sebagai efektif. Hal tersebut berdasarkan kepada lima indikator yang digunakan untuk menentukan keefektifan dalam penelitian ini yaitu kemampuan guru, ketepatan penggunaan waktu, keaktifan siswa, motivasi belajar, dan hasil belajar. Adapun faktor yang menghambat proses pembelajaran praktik pemesinan di SMK N 3 Yogyakarta khususnya pada masa pandemi yaitu fasilitas dan waktu. 

The purpose of this study is to analyze the effectiveness of the online learning process, especially machining practices during the pandemic and analyze what are the obstacles to the learning process. This research is a type of survey research with a descriptive quantitative approach. The research subjects used in this study were teachers and students of class XI majoring in mechanical engineering at SMKN 3 Yogyakarta in the 2021/2022 academic year. The object of this research is the effectiveness of learning machining practices during the covid-19 pandemic. Methods of data collection in the form of questionnaires, interviews, and documentation. The data analysis technique used is descriptive quantitative. The results of this study indicate that learning machining practices at SMK N 3 Yogyakarta in class XI of the Mechanical Engineering Study Expertise Program for the 2021/2022 academic year during the pandemic can be concluded as effective. This is based on the five indicators used to determine effectiveness in this study, namely the teacher's ability, time use accuracy, student activity, learning motivation, and learning outcomes. The factors that hinder the learning process of machining practices at SMK N 3 Yogyakarta, especially during the pandemic, are facilities and time.


Keywords


Keefektifan Pembelajaran, Pandemi, Praktik Bengkel Pemesinan; Learning Effectiveness, Pandemic, Machining Workshop Practice

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v10i2.19821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.