ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI ABAD 21 PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 3 YOGYAKARTA

Muhammad Satria Amandita, Sudji Munadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa kelas XI bidang keahlian teknik pemesinan di SMKN 3 Yogyakarta telah mencapai kecakapan abad 21 yang meliputi komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan kreativitas. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantiatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berjenis kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik pemesinan di SMKN 3 Yogyakarta yang terdiri dari 4 kelas, dengan jumlah siswa keseluruhan 109 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: pencapaian kompetensi pada aspek komunikasi di SMKN 3 Yogyakarta masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 80,8% dikelas XI TP 1, 89,3% di kelas XI TP 2, 82,1% di kelas XI TP 3, dan 92,6% di kelas XI TP 4, kemudian pada aspek kolaborasi hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 92,3% di kelas XI TP 1, kemudian 85,7% di kelas XI TP 2, 85,7% di kelas XI TP 3, dan 92,6% di kelas XI TP 4, selanjutnya pada aspek berpikir kritis hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 88,5% di kelas XI TP 1, 92,9% di kelas XI TP 2, 89,3% di kelas XI TP 3, terakhir 92,6% di kelas XI TP 4, dan pada aspek kreativitas hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 61,5% dikelas XI TP 1, 64,3% di kelas XI TP 2, 53,6% di kelas XI TP 3, 77,8% di kelas XI TP 4.

This research aims to determine the extent to which grade XI students in mechanical engineering department at SMKN 3 Yogyakarta have achieved 21st century skills which include communication, collaboration, critical thinking and creativity. The method in this research is descriptive quantitative. Collecting data in this research using a questionnaire type instrument. The subjects in this research were students of class XI majoring in mechanical engineering at SMKN 3 Yogyakarta which consisted of 4 classes, with a total of 109 students. The results of this research show: the achievement of competence in the communication aspect at SMKN 3 Yogyakarta is in the good category with a percentage of 80.8% in class XI TP 1, 89.3% in class XI TP 2,  82.1% in class XI TP 3, and 92.6% in class XI TP 4, then the collaboration aspect of the research results showed that the level of student achievement was in the good category with a percentage of 92.3% in class XI TP 1, 85.7% in class XI TP 2, 85.7% in class XI TP 3, and 92.6% in class XI TP 4, then on the critical thinking aspect the research results show that the level of student achievement is in the good category with a percentage of 88.5% in class XI TP 1, 92.9% in class XI TP 2, 89.3% in class XI TP 3, lastly 92.6% in class XI TP 4 the aspect of creativity the results of the research show that the level of student achievement is in the good category with the percentage amounted to 61.5% in class XI TP 1, 6 4.3% in class XI TP 2, 53.6% in class XI TP 3, and 77.8% in class XI TP 4.


Keywords


Teknik Pemesinan, Kompetensi, Abad 21, SMKN 3 Yogyakarta; Mechanincal Engineering, Competence, 21st Century, SMKN 3 Yogyakarta

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v9i1.17445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin