ANALISIS KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XII DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Arifin Eko Budiadi, Sutopo .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perencanaan pembelajaran, kualitas pelaksanaan pembelajaran, kualitas hasil siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode evaluasi CCIP. Pupolasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII yang berjumlah 62 siswa dan 3 guru pengamp. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% job sesuai dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013.  Jobsheet kurang baik dengan persentase 40%, karena tidak termuatnya tujuan atau kompetensi yang akan dicapai, petunjuk belajar, dan langkah kerja. Kualitas pelaksanaan pembelajaran praktik baik dengan persentase skor 78,9%. Latar belakang guru dalam kategori sangat baik dengan persentase 100% guru telah bergelar sarjana. Sarana dan prasarana dalam kondisi sangat baik dengan persentase 93% kualitas alat dan 95,14% kondisi mesin. Pencapaian nilai siswa sudah sangat baik, 98,66% tuntas dan 1,33% belum tuntas. Hasil menunjukkan siswa menguasai dalam membubut diameter, panjang, ulir, tirus, eksentrik, dan kartel dengan ketepatan diatas 51%.

This research aims to find out the quality of learning planning, the quality of the implementation of learning, the quality of student results. This type of research is quantitative descriptive research with CCIP evaluation method. Pupolasi this research is all grade XII students who number 62 students and 3mp teachers. Data collection techniques use questionnaires, observations, and documentation. The results showed that 70% of jobs corresponded to basic competencies in the 2013 curriculum.  Jobsheets are less good with a percentage of 40%, due to the lack of goals or competencies to be achieved, learning instructions, and work steps. The quality of practice learning implementation is good with a score percentage of 78.9%. The background of teachers in the category is excellent with a percentage of 100% of teachers having a bachelor's degree. Facilities and infrastructure are in excellent condition with a percentage of 93% tool quality and 95.14% engine condition. Student achievement has been excellent, 98.66% complete and 1.33% unfinished. Results showed students mastered in debuting diameters, lengths, threads, tyres, eccentricities, and cartels with accuracy above 51%.


Keywords


Quality analysis, learning process, turning machining

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v8i2.17027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin